Cara Tracking Parabola Mudah Buat Pemula

Cara Tracking Satelit Parabola Buat Pemula - Tracking satelit adalah segala rangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mencari sinyal satelit demi kebutuhan siaran tv (televisi) yang beraneka ragam, istilah tracking biasanya dipakai seseorang yang sedang melakukan pencarian sinyal satelit yang biasanya kita sebut sebagai tracker.

tracking-satelit

Bagi kalian yang sedang atau ingin melakukan tracking satelit, maka ada baiknya anda memahami beberapa langkah berikut agar proses tracking yang anda lakukan dapat berjalan lancar dan tentunya mudah di pahami. Proses tracking satelit yang akan saya bagikan adalah hasil dari analisa admin sendiri yang sudah admin lakukan beberapa kali dan tentunya berhasil, sehingga tentunya admin berharap bagi anda yang sedang ingin melakukan tracking satelit semoga anda juga bisa karena tips tracking satelit ini rekomended juga bagi pemula.

Persiapan Tracking Satelit

Sebelum admin menjelaskan langkah-langkah melakukan tracking satelit dengan baik dan benar, maka ada baiknya admin akan menjelaskan beberapa hal terkait alat dan bahan yang harus di persiapkan. Karena untuk mempermudah dalam melakukan tracking satelit, maka akses internet mungkin di butuhkan dalam proses ini, serta handphone berbasis android yang akan kita gunakan untuk mendownload beberapa aplikasi.

Jika kedua bahan tersebut sudah tersediam, maka admin akan jelaskan lebih lanjut tentang tahap-tahap melakukan tracking satelit paling mudah buat pemula.

Jenis LNB

Hal pertama yang harus di perhatikan adalah jenis LNB yang sedang atau ingin anda pasang, ada 3 jenis LNB yang biasanya di gunakan oleh para user antara lain : C band, Ku band dan S band. Ketiga jenis LNB tersebut mempunyai perannya masing-masing dalam menentukan satelit yang dapat di ditangkap atau di terima.

Arah LNB

Arah LNB sangat berpengaruh dalam pencarian sinyal satelit, maka dari itu untuk mempermudah dalam pengkapan sinyal satelit anda harus menfokuskan bujur 0 derajat LNB berada di sebelah timur atau barat. Sehingga garis lurus yang ada di dalam LNB akan sejajar pada garis lurus barat dan timur, dengan demikian anda butuh kompas atau aplikasi kompas pada handphone android anda untuk menentukan arah mata angin di lokasi anda.

Ukuran Dish/Parabola

Bagian selanjutnya yang harus kita ketahui adalah ukuran dish/parabola yang akan kita gunakan untuk melakukan tracking satelit. Ukuran dish sangat berpengaruh terhadap penangkapan satelit yang kita inginkan, semakin besar ukuran sebuah parabola maka semakin mudah anda mendapatkan satelit yang anda inginkan.

Cek Area Beam

Setelah mengetahui jenis LNB yang di gunakan serta ukuran dish yang di pakai, maka langkah berikutnya adalah mengetahui area beam satelit di lokasi anda. Untuk mengetahui satelit yang tersedia di daerah atau lokasi anda, maka anda dapat memasuki situs satbeam yang tentunya harus menggunakan koneksi internet. Setelah itu ikuti langkah seperti berikut ini :

  • Silahkan anda mengklik link satbeams.com atau KLIK DI SINI
  • Lalu pada halaman utama situs SatBeams => klik pada kolom pencarian (search)
  • Kemudian masukkan nama satelit yang ingin anda cari, contoh : Telkom 4
  • Setelah itu tekan tombol search atau enter.

Selanjutnya anda akan di bawah menuju halaman yang akan menampilkan peta beam satelit yang anda cari, biasanya halaman ini akan menampilkan peta beam menurut masing-masing tipe LNB seperti peta beam C band, Ku band ataupun S band. Untuk mengetahui beam pada lokasi anda maka dapat mengklk peta tersebut dan perbesar untuk melihat detail titik lokasi daerah anda, serta dapat mengetahui besar rekomendasi parabola yang bisa di gunakan untuk menjangkau satelit yang di cari yaitu dengan mengkli atau menandai titik lokasi anda.

Aplikasi Pelacak Satelit Parabola

Jika anda memiliki kuota internet lebih, maka tidak salahnya anda mendownload aplikasi yang dapat digunakan untuk melacak satelit yang di inginkan atau yang sedang di cari. Ada beberapa aplikasi satelit finder atau satelit director di playstore, akan tetapi admin sangat merekomendasikan anda mendownload aplikasi yang bernama " Satelit Finder : Dish Locator " atau dapat langsung mengklik LINK DI SINI.

Ada banyak fitur yang dapat di sajikan dalam aplikasi tersebut, dan yang paling membantu andalah fitur Satelit Finder. Untuk memaksimalkan fungsi aplikasi ini, maka di sarankan untuk mengaktifkan GPS serta berada di di luar ruangan agar mudah untuk mendeteksi satelit yang dapat di lacak dari handphone anda.

  • Tekan fitur Satelit Finder
  • Lalu tekan Choose Satelite
  • Cari dan tekan satelit yang ingin anda lacak

Setelah itu anda dapat melihat arah yang akurat melalui compass pada aplikasi tersebut, serta mengetahui titik lokasi satelit diangkasa dengan menekan menu camera dan mengikuti arahan yang di berikan.

Pelaksanaan Tracking Satelit Parabola

Setelah mengetahui semua macam-macam serta bahan yang diperluakan seperti diatas, maka alangkah baiknya anda mengikuti arah yang akan di berikan admni di bawah ini.

  • Posisikan payung parabola di sebelah barat, serta memastikan garis LNB berada pada poros barat dan timur.
  • Kemudian angkat payung parabola dan gerakkan ke atas secara pelan-pelan dan pastikan berada pada jalur menuju arah timur.
  • Jika sudah terdeteksi maka kuatkan baut penyangga agar arah parabola tidak bergeser.

Demikian artikel tentang cara tracking satelit parabola dengan mudah ini admin bagikan, mudah-mudahan dapat memberi wawasan dan manfaat di kemudian hari serta tinggalkan komentar bila ada yang kurang jelas dan hendak di tanyakan.

1 komentar untuk "Cara Tracking Parabola Mudah Buat Pemula"

Posting Komentar